Arti Kelana Kesana

Perjalanan tak lagi sekedar tentang mengunjungi tempat-tempat indah yang tertera dalam daftar. Tak juga hanya sekedar menunjukkan potret diri di tempat-tempat wisata yang cantik. Kini, perjalanan menjelma menjadi sebuah kisah yang memperkaya diri sendiri dan Perjalanan telah banyak mengajarkan hal yang bermanfaat. Melakukan perjalanan seyogianya membuat kita menghasilkan pengalaman baru. Banyak yang kurang menyadari bahwasanya perjalanan tersebut membentuk kepribadian seseorang. Sejarah pembentukan diri dimulai dari sana. Perjalanan membuat banyak ruang bagi kita untuk menelaah diri sendiri. Lewat perjalanan kita mendapati hal-hal yang membukakan mata. Juga mengajarkanku untuk terus mengembangkan diri dan memperluas wawasan berpikir. Lambat launaku menjelma menjadi orang yang lebih toleran dan mampu melihat dari sudut pandang lain. Perjalanan membangun karakter manusia agar menjadi sosok yanglebih mandiri dan percaya diri. Mengantongi barang-barang baru memangterasa menyenangkan. Namun yang lebih menyenangkan lagi adalah bisa merasakan kebersamaan dengan orang-orang tercinta. Perjalanan menjadi sarana pengikat hubungan bagi aku dan pasangan.
Kami menyediakan waktu khusus demi tujuan yang sama. Kebersamaan ini tentunya memberikan kami pengalaman berharga. Mengumpulkan kenangan satu demi satu untuk kebahagiaan.

Masalah selalu ada di sekitar kita. Dalam kehidupan sehari-hari manusia tak luput dari masalah. Begitu pula saat melakukan perjalanan. Biasanya tak jauh-jauh dari nyasar, ditipu,kehabisan uang,kelaparan,kedingina atau motor sering berkendala. Saat menemui masalah, aku belajar mengelola rasa panik.Masalah bukanlah beban dan petaka yang harus disesali. Masalah merupakan anak tangga bagi kita untuk naik kelas. Kita dihadapkan pada situasi yang tidak mengenakkan. Namun jadikanlah ia sebuah tantangan untuk dicari jalan keluarnya. Lama kelamaan kita akan terbiasa menghadapinya lengkap dengan solusi.Sebagai manusia terkadang kita cenderungegois. Ingin selalu didengarkan. Tanpa memberikan kesempatan bagi orang lain untuk berbicara. Dalam perjalanan menujusuatu tempat baru yang asing, kita dituntut untuk banyak bertanya. Banyak menggali informasi dari siapapun yang ditemui, terutama warga lokal. Begitu pula ketika aku dan pasangan melakukan perjalanan berdua. Pelan-pelan kami mencoba menyamakan frekwensi dan lebih banyak mendengarkan. Tujuannya meminimalisir perdebatan. Toh kalau komunikasi lancar, hatipun senang. Ilmu dan pengalaman yang terperangkap didalam diri sendiri menjadi hal yang tidak berguna. Berbagilah! Bukan tak mungkin kita akan menemukan hal-hal yang luar biasa dari kebiasaan berbagi tadi. Begitu pula dengan perjalanan. Kisah uniknya bisamemotivasi atau bahkan menginspirasi orang lain. Kita sendiri tak pernah absen menuliskan kisah perjalananku. Bukan untuk ajang PAMER. Menulis itu butuh effort. Tidak sekedar membanjiri linimasa dengan foto-foto perjalanan tanpa keterangan. Melalui tulisan perjalanan itulah kita belajar untuk berbagi informasi dan pengalaman bagi siapapun yang membacanya kelak.

Kita juga sering menemui penduduk asli tempat yang kita kunjungi mereka mengajarkan kami keramahan dan kesederhanaan.di dalam sebuah perjalanan kesebuah desa pelosok yang tenang dan damai jauh dari peradaban dikota yang mereka saling menjatuhkan untuk persoalan harta atau jabatan.Di desa mereka hidup bahagia karena mereka bisa hidup tanpa harta mereka sudah menyatu dengan alam.Memanfaatkan alam untuk bisa bertahan hidup dan memperoleh kehidupan damai dan sederhana.

Perjalanan membuat kita bangga akan negara kita karena sesungguhnya setiap wilayah memiliki pesona alam yang indah yang banyak belum diketahui orang.dan kita juga banyak tahu tentang ke kurangan Pemerintah dalam melakukan pemberdayaan jalanan yang banyak kerusakan dan tidak ada pembenahan sedikitpun.banyak jalanan susah dilalui dan setidaknya banyak korban yang melalui jalan tersebut.Seringkali kita juga temui di perkampungan yang belum ada penerangan atau listrik.dan juga tidak kalahnya dengan sarana pendidikan banyak juga sekolahan yang ala kadarnya padahal mereka juga ingin pendidikan dan menjadi orang yang berguna.Namun dibalik semua itu ada pahlawan tanpa tanda jasa yang bertindak sukarelawan menolong penduduk supaya mendapat pendidikan yang layak.Banyak pelajaran kami dapatkan dari mereka #kelanakesana

Advertisement

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s